Saturday, April 4, 2015

Spesialisasi Dalam Seni Fotografi

Sebuah foto bukan hanya representasi dari apa yang dilihat pada kenyataan. Melainkan sebuah foto bisa bernilai seribu kata, dan memiliki kekuatan untuk menyampaikan arti baru dari situasi tertentu.
Sementara fotografi mungkin menjadi hobi untuk sebagian orang, namun untuk banyak orang fotografi adalah profesi. Seni fotografi adalah seni paling spektakuler di dunia. Fotografi tidak memerlukan peralatan yang paling mahal. Sebuah foto yang menakjubkan membutuhkan keahlian yang lebih dalam melihat suatu objek untuk menangkap momen yang terbaik dengan cara terbaik. Orang dengan kecenderungan terhadap fotografi dapat memeriksa beberapa jenis fotografi yang juga dapat menjadi sebuah pilihan karir yang fantastis. 


Berikut adalah spesialisasi di dalam bidang fotografi:

1. Fotografi Fashion
Fotografi Fashion adalah seni yang salah satu dari sekian banyak seni dalam bidang fotografi yang paling menguntungkan. karna hasil dari sebuah foto tersebut digunakan sebagai satu cara untuk berkomunikasi yang paling efektif dalam dunia fashion.
Disini, fotografi fashion digunakan untuk membawa perhatian ataupun menyampaikan suatu produk pada pakaian dan aksesoris. Model secara eksklusif dipilih untuk menampilkan produk dengan cara terbaik dan memiliki kesan yang indah.
Mode fotografer ini Menitik beratkan atau menonjolkan fitur pakaian yang di kenakan yang bertujuan agar orang-orang yang melihat produk ini akan segera membelinya. Seringkali, foto-foto ini di temukan di majalah fashion ternama.

2. Fotografi Glamor
Fotografi glamor ini juga berhubungan dengan visual modis, namun dengan suatu perbedaan. Fotografi glamor melihat model dalam pandangan yang berbeda, yaitu menitik beratkan pada pose-pose alami yang memunculkan suatu kepribadian objek foto, bukan pada pakaian atau aksesoris. Seringkali, gambar telanjang juga merupakan bagian dari fotografi glamor.

3. Advertising Fotografi
Advertising fotografi adalah tentang menciptakan lingkungan yang tepat untuk menyorot produk yang akan diiklankan, dengan cara terbaik. Para fotografer umumnya datang dengan ide-ide atau visual yang berbeda. Dalam seni ini fotografer menekankan pada bagaimana cara memperlihatkan suatu produk yang akan di iklankan terlihat indah dan menawan. Misal penjualan iklan rumah, fotografer mengutarakan ide dan gambaran visualnya pada foto yang mengutarakan bahwa rumah itu indah dan nyaman. Foto-foto ini selalu direncanakan dalam koordinasi dengan perusahaan periklanan.
4. Still Life Fotografi

Still Life fotografi adalah tentang menangkap objek atau benda mati pada kamera agar terlihat lebih hidup. Bentuk seni bukan hanya memindahkan sebuah objek mati pada foto melainkan membuat sebuah objek mati menjadi sebuah foto yang artistik dan lebih bermakna. Dalam seni fotografi ini membutuhkan fotografer yang dapat mengekspresikan diri pada fotonya untuk mendapatkan rasa yang sangat baik, komposisi yang baik dan pencahayaan yang baik pula. Seorang fotografer dalam hal ini dapat menciptakan tekstur yang berbeda dan menggunakan benda-benda yang terlihat sederhana, namun memiliki karakteristik yang indah.

5. Wedding Photography ( Fotografi Pernikahan )
Fotografi pernikahan ini adalah bentuk seni khusus dalam bidang fotografi yang didedikasikan khusus untuk saat-saat yang paling mengesankan dalam berbagai cara kreatif. Seorang fotografer dapat mengambil pendekatannya sendiri terhadap seni fotografi ini. Namun masih banyak beberapa fotografer yang lebih memilih cara tradisional ( berpose ), ada pula fotografer lain yang mendasarkan foto-foto mereka murni pada saat yang sebenarnya.
Fotografer juga dapat membuat gambar-gambar ini modis dengan tema-tema tertentu . Ada banyak kasus di mana seperti foto-foto pernikahan glamor diambil khusus di studio ataupun di luar studio ( bisa juga di sebut prewedding ataupun wedding )

6. Fine Art Photography
Fotografi seni rupa ini adalah semua tentang visual yang menyerupai sebuah karya seni. seni dalam bidang fotografi Ini adalah gambar yang sangat kreatif yang memiliki daya tarik abstrak. Oleh karena keabtrakan itu, foto-foto ini dapat setara dengan ekspresi seorang seniman di atas kanvas. Seni bidang fotografi ini tidak dibatasi untuk tujuan komersial, tetapi dapat digunakan untuk kegiatan kreatif. Seorang fotografer seni rupa harus memiliki kemampuan untuk melihat dari 2 sisi yang berbeda dari pandangan orang lain. Karna bidang fotografi inilah yang menitik beratkan pada kealamian atau keindahan suatu objek.

7. Fotografi Alam
Fotografi alam adalah seni dalam bidang fotografi yang menitik beratkan pada kegiatan alam. Seni fotografi ini sangat berkaitan dengan elemen-elemen alam.
dalam seni fotografi ini dapat di lihat pada majalah seperti ' National Geographic '. Fotografi alam meliputi berbagai jenis fotografi, seperti:

  •  Landscape Fotografi: Foto-foto ini terutama menyoroti keindahan alam tempat apapun. Ini mencakup area hutan belantara, padang pasir, pegunungan, atau bahkan air terjun.
  • Wildlife Photography : Fotografer yang mengkhususkan diri dalam fotografi satwa liar menghabiskan berjam-jam di padang gurun untuk menangkap beberapa gambar yang paling menakjubkan dari hewan dengan latar belakang alam. Seorang fotografer dalam hal ini, perlu menjadi seorang penyayang binatang dan tahu jalan di sekitar alam liar.
  • Fotografi Underwater: Underwater fotografi adalah sebuah bentuk seni yang menarik, yang mengeksplorasi seluruh dunia di bawah laut. Ini adalah tugas yang sangat menantang karena seorang fotografer harus tahu semua tentang berenang dan scuba diving untuk menangkap gambar terbaik saat mengambil gambar di perairan ataupun lautan dalam.
  • Seascape Fotografi: Mengambil foto alam di berbagai suasana hatinya akan menarik bagi semua pecinta lingkungan. Seorang fotografer yang didedikasikan untuk fotografi seascape harus selalu menunggu keindahan laut terungkap. Di sini, konsentrasi terutama pada menangkap berbagai suasana hati di laut, pada waktu yang berbeda, hari yang berbeda, bahkan dalam musim yang berbeda.
  • Cloudscape Fotografi: seni fotografi ini benar-benar didedikasikan untuk menangkap berbagai gambar formasi Yang terbentuk oleh awan.
8. Fotografi Travel
Fotografi perjalanan adalah seni yang mengabadikan suatu perjalanan, yang dari foto tersebut dapat menceritakan sebuah gambaran. Foto dari seni fotografi ini biasanya dalam bentuk lanskap yang menampilkan foto orang-orang dari berbagai negara. Seorang fotografer menangkap berbagai tradisi dan kebiasaan tempat yang berbeda.

9. Fotografi Arsitektur
Fotografi arsitektur adalah seni fotografi yang semuanya tentang menangkap gambar dari berbagai gaya arsitektur dalam sudut pandang yang berbeda. Jenis fotografi ini akan membutuhkan fotografer untuk menjadi ahli dalam teknis serta departemen visual.

10. Fotografi Potret
Fotografi potret adalah semua tentang menangkap
suasana hati seseorang, dengan penekanan pada wajah dan ekspresi seseorang. Ini adalah bidang fotografi yang tidak hanya mengabadikan sebuah foto pada model, melainkan dapat mencakup segala jenis orang. misalkan Foto potret keluarga yang cukup populer saat ini. Ada banyak cara kreatif seorang fotografer dapat mengapresiasikan sebuah foto potrait yang digunakan untuk membuat sebuah foto agar terlihat menakjubkan.

11. Fotografi Jurnalistik
Foto jurnalistik adalah sebuah gambaran visual yang bercerita tentang peristiwa tertentu atau insiden tertentu yang di tampilkan dengan sebuah foto. Seni fotografi ini disampaikan dengan bahasa visual untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan tetap terikat dengan kode etik jurnalistik. Foto jurnalistik bukan sekadar jeprat-jepret semata. Ada etika yang selalu dijunjung tinggi, ada pesan dan berita yang ingin disampaikan, ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar, dan ada momentum yang harus ditampilkan dalam sebuah foto. Hal terpenting dari fotografi jurnalistik ini adalah nilai-nilai kejujuran yang selalu didasarkan pada fakta obyektif. Terutama oleh publikasi untuk mewakili berita. Dalam hal ini, visual fotografer dan cerita penulis harus saling melengkapi. Sebagai contoh, jika seorang penulis menyebutkan spesifik lokasi tertentu dalam cerita, fotografer dapat menemukan cara-cara inovatif untuk menangkap pada kamera.
Photojournalism dapat diklasifikasikan menjadi:
  •  Dokumenter Fotografi: Di sini, fotografer harus menyajikan gambar yang mewakili insiden yang dibicarakan, dalam bentuk sebenarnya. Dalam kasus ini, fotografer pers biasanya mengirimkan gambar mereka untuk publikasi yang bersangkutan. Namun, baru-baru ini, fotografer dari seluruh dunia telah mulai menampilkan karya-karya mereka di pameran juga.
  •  Street Fotografi: Ini adalah semua tentang menangkap gambar candid tempat umum atau bahkan orang-orang dalam elemen alami mereka. Seorang fotografer, dalam hal ini, membutuhkan keterampilan untuk berbaur dengan orang-orang dan mengambil foto yang terbaik, tanpa disadari oleh orang di sekitarnya.
  • Selebriti Fotografi: Selebriti fotografi adalah semua tentang foto yang menangkap selebriti dari berbagai bidang. Berbagai rumah media menggunakan foto tersebut untuk publikasi ke majalah, koran, ataupun ke media online. Ada jenis fotografi selebriti yang dikenal sebagai paparazzi. Seni fotografi dalam bidang ini adalah tentang menangkap selebriti pada kamera tanpa persetujuan mereka. Foto-foto eksklusif ini sering di jual dengan harga premium untuk rumah media.
  • Sports Fotografi : seni fotografi ini yang didedikasikan penuh untuk menangkap gambar terbaik dalam tindakan olah raga. Seorang fotografer, dalam hal ini harus memiliki bakat untuk menangkap gambar yang menakjubkan pada kamera dengan kecepatan tinggi. Ada banyak fotografer yang telah mengabdikan diri sepenuhnya untuk bidang fotografi ini. Foto-foto ini terutama digunakan oleh majalah penerbitan dan cabang lain dari media olah raga.
12. Fotografi Nude
Seni Fotografi Nude itu tentang penggambaran keindahan tubuh manusia dalam bentuk telanjang. Foto-foto ini tidak dimaksudkan untuk erotisme ataupun suatu gambaran porno yang memperlihatkan lekuk tubuh manusia, tapi foto ini murni untuk studi tubuh manusia. Di sini, wajah tidak selalu fokus, atau kadang tidak memperlihatkan wajah. Komposisi yang bergaya dengan eksperimen dalam hal cahaya dan latar belakang juga diperhatikan dalam seni fotografi ini. Meskipun bidang fotografi inilah yang kadang menimbulkan banyak pro dan contra dari berbagai sudut, namun semua itu tergantung dari  bagaimana seseorang menilai sebuah karya seni.

13. War Fotografi
Seni Fotografi perang itu tentang menangkap foto-foto yang menggambarkan situasi peperangan. Di sini, para fotografer selalu beresiko dan sering menjadi sasaran kelompok-kelompok yang bertikai.

14. Fotografi Candid
Candid Fotografi adalah salah satu seni dalam bidang fotografi yang mengandalkan insting dan kepekaan fotografer membidik objek yang menarik. Hasil foto yang biasanya adalah jenis portrait wajah dalam kondisi tidak berpose atau ‘tidak sadar’. Seni fotografi ini mempunyai kelebihan yaitu pada human interest dan mood yang berhasil didapat secara candid itu di dapatkan tanpa sepengetahuan atau secara sembunyi-sembunyi, yang dimana foto tersebut sangat natural, spontan dan ekspresinya sangat alami. Semakin natural foto tersebut maka akan semakin tinggi nilai jualnya. Fotografi jenis ini sering diidentikkan dengan Papparazi karena kebiasaannya mengambil gambar atau foto tanpa sepengetahuan mereka meskipun sebenarnya banyak dari foto-foto candid yang diambil secara spontan dan terbuka ( sepengetahuan objek ). Hal ini dapat dikatakan salah satu bentuk seni paling murni dalam bidang  fotografi. Fotografi Candid itu menghasilkan foto atau gambaran tentang menjadi spontan dan senatural mungkin.

15. Fire Fotografi
Fire Fotografi ( Fotografi Api ) yaitu Seni fotografi yang di dedikasikan untuk foto kebakaran, yang biasanya fotografer ini akan dilengkapi dengan pakaian pelindung. Fotografer ini mengabadikan operasi pemadam kebakaran. Jenis fotografi ini berguna untuk penyelidikan.

16. Fotografi forensik
Fotografi Forensik atau dikenal juga sebagai fotografi adegan kejahatan, di sini, pekerjaan fotografer terutama adalah menangkap gambar untuk representasi akurat dari TKP. Dalam kasus ini seorang fotografer harus mencakup semua sudut yang mungkin dari adegan tertentu untuk keperluan investigasi. Gambar-gambar ini bisa mengenai TKP atau bahkan kecelakaan yang terjadi.

17. Secret Fotografi
Secret Fotografi di sini adalah tujuan utama fotografer untuk menangkap gambar orang tanpa sepengetahuan mereka. Fotografer profesional terutama menggunakan jenis fotografi untuk keperluan investigasi, dan publikasi tidak etis yang sama dapat mengakibatkan berbagai masalah hukum. Di sini, fotografer juga dapat menyembunyikan dirinya dari yang bersangkutan, termasuk kamera yang digunakan.

18. Makro Fotografi
Seni Fotografi ini benar-benar tentang gambar close-up dari subjek atau objek tertentu. Bidang fotografi ini digunakan terutama untuk menangkap rincian organisme atau benda yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang karna sangat kecilnya subjek atau objek tersebut.

19. Aerial Fotografi
Aerial Fotografi adalah seni dalam bidang fotografi yang dalam mengambil gambar atau foto dari ketinggian. Ada berbagai teknik yang digunakan untuk mendapatkan gambar ini, fotografer dapat mengambil gambar tersebut dari helikopter atau pesawat terbang, dan baru-baru ini lebih efisien yaitu dengan multicopter.

20. Fotografi headshot
seni fotografi ini berfokus terutama pada wajah seseorang, akan tetapi berbeda dari fotografi potret. Gambar ataupun foto dalam hal ini lebih menitik beratkan pada gambar wajah. Biasanya foto ini murni di gunakam untuk tujuan kerja.

21. Hitam dan Putih Fotografi
Dengan munculnya seni fotografi dengan hasil foto yang berwarna, fotografi hitam dan putih akan menjadi ketinggalan jaman. Namun, ini adalah media yang menawarkan pilihan luas bagi fotografer. Biasanya karna semakin seringnya foto ataupun gambar dalam seni fotografi itu berwarna terkadang fotograferpun menggunakan seni fotografi hitam putih ini untuk menggambarkan suatu hal yang berbeda.

22.Night Fotografi
Fotografer dalam seni ini benar-benar mengkhususkan diri dalam adegan malam. Karena masalah cahaya yang sangat minim, teknik-teknik baru sedang dimasukkan dalam bidang fotografi ini. Seorang fotografer dapat menggunakan cahaya buatan atau bahkan paparan cahaya yang lama untuk menangkap gambar yang jelas dan tepat.
Berbagai jenis spesialisasi dalam seni fotografi jelas memberikan indikasi akan berkembangnya bentuk seni dalam bidang fotografi. Teknologi telah memungkinkan untuk melampaui jenis frame yang jelas. Dan sampai saat ini seni dalam bidang fotografi ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.
Jadi, mana jenis spesialisasi fotografi yang akan di dalami itu smua tergantung kemampuan, bakat, dan minat.
Spesialisasi pada seni fotografi itu memiliki suatu penyampaian yang berbeda dan makna yang berbeda.
semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cukup sekian penjelasan yang dapat saya jelaskan.
semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan.

Salam Fotografi.
Maju terus Fotografi Indonesia.

No comments:

Post a Comment