Wednesday, April 1, 2015

Fotografi ( Photography )

Apa sih itu Fotografi? Di sini saya akan membahas tentang pengertian Fotografi dan apa itu Fotografi. 
Fotografi ( Photography ), yang berasal dari kata Yunani yaitu " Photos " yang berarti " Cahaya " dan
" Grafo " yang berarti " Melukis/menulis " jadi dari gabungan kata tersebutlah bisa di artikan bahwa Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya.
nah orang yang menulis/melukis dengan media cahaya ini disebut Fotografer ( Photographer ) atau juru foto atau bisa di bilang orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya terus menerus.

Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, yang kemudian gambarnya dijual untuk cover majalah, cover calender, artikel, dll.
Kembali ke pembahasan tentang fotografi, sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan atau disebut lensa. Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA ( ISO Speed ), diafragma ( Aperture / bukaan lensa yg biasa di lambangkan dengan huruf " f " kecil ), dan kecepatan rana ( shutter speed ). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Shutter Speed disebut sebagai pajanan (exposure).
Untuk mengetahui apa itu ASA/ISO, diafragma ( Aperture ), dan kecepatan rana ( Shutter Speed ) sudah saya jelaskan di sini
ASA/ISO, diafragma ( Aperture ), dan kecepatan rana ( Shutter Speed ) bisa di bilang inilah segitiga emas fotografi, karna dari ketiga ini sangat berpengaruh pada gelap terangnya sebuah foto.
Cukup sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.
maaf jika ada sedikit kesalahan dalam penulisan.
Salam photography.
Maju terus Fotografi Indonesia.

No comments:

Post a Comment