Thursday, April 9, 2015

Pentingnya Model Release / Property Release

Apa yang anda ketahui tentang Model Release / Property Release ? 
Model Release ataupun Property Release adalah surat izin penggunaan foto properti, model atau orang yang di foto bahwa dirinya tercantum di sebuah karya foto kita untuk mengatasi klausal dalam UU Hak Cipta saat fotonya akan digunakan dalam suatu kegiatan. Kegunaan model release dan property release adalah untuk melindungi fotografer dari tuntutan hukum suatu saat kelak atas publikasi foto yang ada wajah mereka maupun properti yang mereka miliki. Jika Anda bekerja dalam dunia fotografi ataupun hanya sebatas hobi dalam fotografi sebaiknya anda benar-benar memahami tentang Model Release / Property Release ini. 


Bentuk dari contoh model release dan property release ini sangat beraneka ragam sesuai kebutuhan masing-masing. Kita bisa membuat model Release dalam berbagai bentuk dan pastinya memiliki fungsi masing-masing namun tetap memiliki satu tujuan, yaitu surat perijinkan penggunaan foto properti, model atau orang yang di foto bahwa dirinya tercantum di sebuah karya foto. Sebisa mungkin buatlah properti release atau model release yang praktis agar tidak menyulitkan kita dalam meminta tanda tangan pada objek foto tersebut. Contoh surat model release ini tidak hanya untuk pemotretan model , yang hobi motret human interest, street fotografi juga sebaiknya menggunakan model release agar bisa mudah untuk mempublikasikan karya kita tanpa akan takut dengan masalah hukum nantinya. 

Bagaimana contoh surat model release jika modelnya adalah anak di bawah umur yang belum memiliki kekuatan hukum ? Sebaiknya mintalah tanda tangan model release tersebut kepada orangtuanya atau penanggung jawabnya. Beberapa hal yang sebaiknya harus ada dalam surat model release atau property release adalah: Nama model atau jenis properti, Data lengkap model seperti nomor telefon, alamat email, dan nomor identitas. Nama fotografer, Tanggal dan tempat pengambilan foto. Keterangan pemotretan dan hal yang berkaitan dengan foto tersebut. Tanda tangan dari fotografer, model atau pemilik properti. Saksi ( bisa ditambahkan untuk menguatkan perjanjian ).

Berikut ini contoh surat model release dan contoh surat property release untuk fotografer yang peduli akan hak cipta.

Surat Model Release Form download DI SINI ( Mediafire ) atau DI SINI ( Ziddu )

Surat Model Release Form buat anak di bawah umur  Download DI SINI (Mediafire ) atau DI SINI ( Ziddu )

Intinya dalam membuat model release ataupun cara membuat property release itu kita bisa menuliskan kalimat bahwa model atau pemilik properti memberi izin kepada fotografer atas hak cipta dan penggunaan foto atas nama fotografer atau dalam nama fotografer serta hak untuk memperbanyak dan mengumumkan termasuk menggunakan foto dalam media apapun serta untuk tujuan apapun terkecuali untuk tujuan pornografi dan penghinaan.
Penggunaannya bisa untuk advertorial, komersial, publikasi, pameran, lomba foto, materi iklan, dan segala bentuk lainnya yang berkaitan dengan penggunaan foto tersebut. Semoga contoh surat model release dan property release ini bisa berguna. Dan kita juga lebih peduli lagi akan sebuah hak cipta.

No comments:

Post a Comment